Pages

Jumat, 26 Februari 2016

Bunga Rosemary

Bunga Rosemary

Salah satu Tanaman yang dapat mengusir nyamuk dan sekaligus dapat dijadikan Herbal dan bumbu adalah  Rosemary
Rosemary (Rosmarinus officinalis) merupakan sebuah  tanaman yang kuat, yang tahan penyakit dan hama, yang dapat ditumbuhkan melalui pencangkokan. Teh rosemary dapat membantu mengatasi masalah reumatik dan gejala flu. Tanaman ini banyak mengandung, zat besi, dan Vitamin B6.
Tanaman ini menebar aroma wangi, sekaligus mengacaukan penciuman dan daya efektivitas “radar” sang nyamuk. Bunganya kecil-kecil warna ungu, daun berbentuk jarum tapi lembut, panjang sekitar 2-2,5 cm.

Tanaman ini termasuk jenis evergreen dan akan tumbuh hingga 1.5-2 meter tingginya. Bentuk daunnya sangat sempit, oval kecil, berujung runcing, dengan warna hijau gelap di atasnya dan keabuan di bawah daun. Bunga berwarna ungu pucat hingga biru gelap. Tanaman famili lamiaceae ini perlu cukup air dan sinar matahari. Untuk dipajang dalam ruangan, sebaiknya diposisikan dekat jendela, agar mendapat sinar matahari.
Jika melihat dari bentuk fisiknya, tanaman rosemary ini kurang menarik dijadikan tanaman hias. Tapi jika melihat fungsinya jangan heran jika banyak orang yang mencari tanaman ini. Sebagai tanaman batang keras, bentuk tanaman rosemary tidak berbeda dengan tanaman lain sejenisnya.

Kelebihannya hanya terletak pada baunya yang sangat menyengat. Warna daunnya hijau tua dan bentuk daunnya meruncing.
Tapi baunya yang menyengat inilah yang dicari-cari orang, karena baunya yang tercium saat tanaman ini tertiup angin justru dapat mengusir nyamuk, kelebihan tanaman yang diakui cukup ampuh menjauhkan nyamuk
Para herbalis menggunakan daun rosemary untuk pengobatan alternatif yang mengandung zat-zat antispasmodic dan membantu mengendurkan otot-otot pencernaan, serta digunakan untuk merawat otot-otot yang sakit. Rosemary juga diyakini dapat merangsang sistem pernapasan dan syaraf berfungsi sebagai antidepressant. Selain itu, rosemary juga mengandung zat-zat antibakteri dan antijamur.
Untu bumbu  rosemary banyak digunakan sebagai bumbu hidangan bakar/panggang/BBQ. 
Aroma yang tajam dari bumbu ini menjadikan rosemary hanya digunakan beberapa lembar saja di setiap masakan. Aroma prengus daging kambing panggang atau amis ikan akan berkurang jika Anda menambahkan bumbu ini. Ayam/bebek panggang dan kentang panggang juga akan lebih nikmat jika diberi taburan rosemary. 


0 komentar:

Posting Komentar