Pages

Rabu, 24 Februari 2016

Bunga Tulip


Bunga Tulip

Bunga Tulip adalah salah satu bunga yang melambangkan arti cinta. Bunga yang memiliki nama latin Tulipa fosteriana ini adalah bunga yang berasal dari Turki namun justru terkenal sebagai bunga khas Belanda. Karena keindahan dan keanggunannya bunga ini sangat digemari oleh seluruh masyarakat dunia termasuk oleh masyarakat Indonesia. Kendati sangat digemari, bunga ini tidak dapat ditanam  di sembarang tempat. Bunga ini hanya dapat tumbuh dan mekar pada daerah beriklim dingin seperti di Eropa yang memiliki suhu rata-rata harian dibawah 16 derajat .
Bunga tulip sebetulnya dapat ditanam di daerah tropis asalkan kita dapat memodifikasi lingkungan iklim mikro agar sesuai dengan iklim di daerah asalnya. Hal ini pernah diuji coba di Singapura dan budidaya bunga tulip tersebut dinyatakan berhasil. Di sana 25.000 tangkai bunga tulip mekar secara bersamaan.

Jika Anda ingin membudidayakan bunga tulip di Indonesia, Anda harus membuat semacam rumah kaca (green house) sebagai tempat budidaya bunga tulip. Rumah kaca tersebut kemudian dilengkapi dengan pendingin udara (air conditioner) untuk menjaga kelembaban dan suhu harian di dalamnya. Suhu yang dikehendaki oleh bunga tulip agar dapat tumbuh baik adalah 16 derajat Celcius, jadi kita harus menjaga agar suhu tetap stabil dan tidak berfluktuasi .

Biaya yang dikeluarkan untuk membuat rumah kaca dan memodifikasi iklim mikro untuk budidaya bunga tulip tentu tidaklah sedikit. Anda pastilah memerlukan cukup banyak modal untuk membangun prasarana ini. Namun, total penerimaan (income) yang Anda akan peroleh ketika bunga sudah mulai mekar akan sangat tinggi, karena di Indonesia harga bunga tulip tergolong sangat mahal karena penyediaannya masih diimpor dari negeri Belanda.
Agar masa mekar tulip berlangsung lebih lama, diperlukan sebuah perlakuan yakni dengan menusuk bagian bawah kuncup hingga tembus ketika bunga tulip masih belum mekar. Hal ini terjadi karena, setelah ditusuk dengan jarum, bunga akan memproduksi gas etilen sehingga masa mekar tulip akan berlangsung lebih lama. Namun hal ini akan menjadi terbalik jika Anda menusuk bagian bawah kuncup saat bunga sudah mekar. Jika bunga tulip ditusuk saat sudah mekar justru malah akan membuat masa mekarnya semakin singkat. Untuk mendapatkan bibitnya, anda harus mendapatkan impornya dari Belanda.


0 komentar:

Posting Komentar