Pages

Sabtu, 27 Februari 2016

Kaktus

Kaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Tumbuhan kaktus termasuk ke dalam golongan tanaman sukulen karena bisa menyimpan persediaan air di batangnya. Batang kaktus mampu menampung volume air yang besar. Bentuk batang kaktus sangat bervariasi. Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun). Kata jamak untuk kaktus adalah kakti.

Untuk dapat bertahan di daerah gurun yang gersang, kaktus memiliki metabolisme tertentu. Kaktus membuka stomatanya di malam hari ketika cuaca lebih dingin dibandingkan siang hari yang panas. Pada malam hari, kaktus juga mengambil karbondioksida /CO2 dari lingkungan dan menyimpannya di vakuola untuk digunakan ketika fotosintesis berlangsung (terutama pada siang hari).

Banyak jenis atau spesies dari kaktus yang memiliki duri yang panjang serta tajam. Duri tersebut merupakan modifikasi dari daun dan dimanfaatkan sebagai proteksi terhadap herbivora. Bunga kaktus yang berfungsi dalam reproduksi tumbuh dari bagian ketiak atau areola dan melekat pada tumbuhan serta tidak memiliki tangkai bunga


0 komentar:

Posting Komentar