Pages

Jumat, 26 Februari 2016

Bunga Aster

Bunga Aster

Bunga aster berasal dari keluarga Asteraceae merupakakan bunga yang memiliki banyak variasi warna, pada awalnya di Amerika jenis bunga aster terdapat banyak sekali, namun setelah dikelompokkan lagi  berdasarkan kesamaannya dan morfologinya jenis bunga anggrek diperkirakan berubah menjadi kurang lebih 180 spesies, jauh lebih sedikit dari nilai awal sebanyak 600 spesies. Aster berasal dari bahasa Yunani yang berarti sebuah bintang, hal ini mengacu karena bentuk bunga aster menyerupai bintang. Bunga aster sering dicari untuk tanaman hias di pekarangan, dan dicari untuk acara tertentu seperti acara pernikahan dan untuk karangan bunga. Selain itu bibit bunga anggrek pun sudah banyak dibudidayakan.
Bunga aster melambangkan kesabaran, keceriaan dan kesederhanaan sehingga bunga aster banyak digunakan sebagai bunga potong. Bunga aster memiliki ciri-ciri, pada umumnya bunga aster memiliki banyak varian warna yang yaitu ungu, merah, kuning, putih, biru dan banyak lagi. Bentuk bunga aster menyerupai bintang, bagian tengah atau kuncup pada umumnya berwarna kuning, kelopak bunganya ada yang berukuran pendek ada juga yang panjang berjumlah banyak dan terpisah, selain itu bunga aster memiliki aroma harum yang khas.

Pembudidayaan aster sangat mudah dilakukan dengan menanam bibit bunga aster yang bisa dibeli di tempat pembelian bibit kemudian disemai secara tepat, setelah bibit memiliki minimal 4 helai daun dengan tinggi 10 sampai 15 cm bibit siap ditanam ke media berupa campuran tanah, pasir dan humus dengan perbandingan 1:1:1. Hal yang harus diperhatikan dalam menananam bunga aster adalah penyinaran dan pemberian air yang cukup serta penambahan pupuk bisa mempercepat pertumbuhan aster dengan baik. Hama berupa ulat dan jamur harus dihindari karena mengakibatkan bunga aster rusak bahkan layu, caranya adalah dengan pemberian insektisida dan fungisida secara teratur. Bunga aster  biasa tumbuh di tempat yang dingin ataupun daerah pegunungan, namun di dataran rendah juga banyak ditemui, aster tumbuh di tempat yang terbuka dan terkena sinar matahari langsung sehingga bisa dijadikan tanaman untuk menghiasi pekarangan.


0 komentar:

Posting Komentar