Pages

Sabtu, 27 Februari 2016

Pohon cemara

Pohon cemara adalah jenis pohonevergreen. Artinya, daun-daunnya jarang mengering dan berubah warna di musim gugur, ataupun rontok di musim dingin. Warna daun pohon cemara biasanya hijau gelap, tetapi beberapa spesies ada juga yang berwarna hijau terang. Daun yang berbentuk jarum membuat pohon cemara mampu menahan air lebih baik daripada pohon berdaun lebar lainnya.
Hal ini karena penguapan yang terjadi di daun pohon cemara jauh lebih sedikit. Hal itulah yang membuat pohon cemara mampu bertahan dalam kondisi yang kering dan dingin. Daun jarum pohon cemara biasanya bisa bertahan hingga dua tahun.
Kulit kayu pohon cemara dewasa terbilang tebal, dan warnanya coklat gelap. Biasanya terdapat retakan-retakan di sekujur pohon cemara. Saat masih muda, kulit kayunya halus, warnanya coklat kehijauan dan belum mempunyai retakan. Tebalnya kulit kayu pohon cemara membuatnya bertahan dari kondisi cuaca.
Pohon cemara tidak menghasilkan buah, melainkan pinecone atau runjung cemara. Runjung cemara ini adalah semacam pucuk yang membawa biji. Runjung cemara ini pula yang menjadi organ reproduksi pohon cemara untuk berkembang biak.
Cabang pohon cemara tumbuh rapat dengan cabang lainnya, hingga tampak seperti lingkaran cabang yang tumbuh dari titik yang sama. Namun, sebenarnya pola cabang-cabang tersebut berbentuk spiral. Semakin ke atas, cabangnya tumbuh makin pendek. Inilah yang membuat pohon cemara tampak seperti kerucut atau piramida.


0 komentar:

Posting Komentar